Beberapa hari kemarin saat jalan-jalan di pasar modern, saya ditawari sebuah produk cuci pakaian. Mereka menamainya conditioner pakaian. Saya menyebutnya pewangi pakaian bilasan terakhir.
Produk tersebut bermerk Kispray! Produsen cairan semprot untuk setrikaan.
Saya masih ingat iklan di TV, Kispray mengatakan bahwa memberikan pewangi pakaian pada bilasan terakhir adalah perbuatan sia-sia, wanginya cepat hilang, uang terbuang percuma. Nah, sekarang mereka malah membuat produk serupa. Meskipun ada klaim bahwa produk ini berbeda dengan kompetitor, bagi saya ya sama saja.
Produsen lain yang juga melakukan hal seperti ini:
1. Kopiko: "Gantinya ngopi."
Sekarang punya kopi seduh siap saji.
Kopi Kapal Api yang dulu hanya punya kopi bubuk, sekarang punya permen. Tapi ini tidak apa-apa, setahu saya belum pernah menyindir produk lain.
2. Extrajoss: "Ini biangnya, buat apa beli botolnya?"
Saat itu yang "diserang" adalah M-150 dan Kratingdaeng. Akhirnya Extrajoss membuat produk yang siap minum juga.
3. Extrajoss: "Laki kok minum rasa-rasa?"
Ternyata ia pun meracik varian rasa buah.
No comments:
Post a Comment