Internet Banking Bank Muamalat

Bank Muamalat ternyata sudah memiliki fitur internet banking yang beralamat di https://ib.muamalatbank.com. Saya baru mengetahuinya setelah kali pertama mencoba menggunakan ATM Muamalat (selama ini selalu digunakan di ATM bank lain yang tergabung dalam jejaring ATM Bersama maupun ATM Prima/BCA).

Registrasi dapat dilakukan melalui ATM Muamalat yang jumlahnya memang belum banyak. Di sana kita diminta untuk memasukkan nomor ponsel (untuk pengiriman kode aktivasi “mPassCode” melalui SMS) dan PIN internet banking yang bersifat sementara.

mPassCode (alat untuk menghasilkan token, one time password, atau semacamnya) didapatkan melalui customer care (CS) di cabang Bank Muamalat terdekat. Jika mPassCode tidak diaktivasi, maka fitur transaksi finansial (transfer ke rekening Muamalat maupun ke bank lain) tidak dibuka.

Selanjutnya login ke https://ib.muamalatbank.com dengan user ID yang tercetak dalam struk transaksi ATM dan PIN/password yang tadi dimasukkan di ATM. Baca dokumen kesepakatan penggunaan layanan, kita harus menyetujuinya.

Lalu PIN harus diubah dan berikan username baru. Juga isikan alamat email. Setelah itu akan diminta untuk login ulang dengan user ID dan password yang baru.

Ringkasan langkah:
1. registrasi di ATM
2. login https://ib.muamalatbank.com
3. ubah password & username, isi alamat email
4. login dengan user id & password yg baru
5. aktivasi ke kantor cabang (jika ingin bisa transfer)

Di sini kita dapat melihat daftar mutasi dan transfer ke rekening lain. Sayangnya mutasi yang dapat ditampilkan masih terbatas pada 5 transaksi terakhir.

Transfer dana dapat dilakukan ke rekening Bank Muamalat maupun ke bank lain yang tergabung dalam ATM Bersama. Transfer ke bank yang hanya masuk dalam jaringan ATM Prima/BCA tidak dapat dilakukan.

Tambahan: (2012.02.09 21.39)
Tadi pagi saya ke kantor cabang Bank Muamalat untuk melakukan aktivasi mPassCode sesuai instruksi pada struk ATM. Mbak CS menyampaikan bahwa sebenarnya layanan internet banking belum diluncurkan karena masih ada pembenahan dalam sistemnya sehingga aktivasi mPassCode belum dapat dilakukan. Maka sementara ini belum dapat melakukan transaksi finansial.

Tambahan: (2013.01.09)
Revisi mPassCode.

9 thoughts on “Internet Banking Bank Muamalat”

  1. enakan pakae Sjboy itu untuk mbanking simulator..

    reply:
    Beda kebutuhan.

    SjBoy setahu saya adalah emulator agar aplikasi java untuk ponsel bisa dijalankan di PC, khususnya komputer bersistem operasi MS Windows.

    Yang saya tulis ini adalah internet banking. Web based, fleksibel bisa dibuka di manapun (tidak harus komputer Windows). Saya yang pakai Linux, kalau di PC lebih nyaman dengan internet banking (pakai web browser, tampilan lebih lega). Kalau di ponsel, mungkin lebih enak pakai mobile banking.

  2. sip… ak udh coba n. bisa makasi infonya

    reply:
    Sama-sama. Terima kasih kembali.

  3. gimana y cara untuk aktifkan internet banking aku.aku udah coba masukin poswed tapi masi belum bisa.

Leave a Reply